Senin, 02 Oktober 2017

RPP No. 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 03

Jenjang Sekolah           :  SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          :  VIII/I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

A.       Indikator
1.    Menjelaskan komponen penyusun sistem gerak pada manusia
2.    Mengidentifikasi macam-macam tulang
3.    Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
4.    Mengidentifikasi otot pada manusia
5.    Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat:
1.    Menyebutkan fungsi rangka
2.    Menjelaskan jenis tulang berdasarkan susunan anatominya
3.    Menjelaskan macam-macam tulang berdasarkan bentuknya
4.    Menyebutkan pengelompokkan tulang berdasarkan letaknya
5.    Menyebutkan macam tulang pembentuk tengkorak
6.    Menyebutkan macam tulang pembentuk badan
7.    Menyebutkan macam tulang anggota gerak
8.    Menjelaskan macam-macam sendi dan contohnya.
9.    Menyebutkan macam-macam otot
10.                        membandingkan otot polos, otot lurik, dan otot jantung
11.                        Menjelaskan mekanisme gerak otot
12.                        Menjelaskan macam-macam gangguan dan kelainan pada tulang dan otot.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)

C.       Materi Pembelajaran
Sistem Gerak Pada Manusia
Pertemuan 1
a.    Sistem Gerak
b.    Tulang Penyusun Rangka Tubuh
c.    Macam-macam Tulang
Pertemuan 2
d.    Sendi
e.    Otot
f.     Gangguan pada Sistem Gerak

D.    Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
       2.  Metode                                    :  Kerja kelompok, informasi, tanya jawab
       3.  Model Pembelajaran                :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi
1)  Mengapa daun telinga dan batang hidungmu dapat dibengkokkan sedang lengan atas dan pahamu tidak dapat?
2)  Bagaimana akibatnya jika dalam tubuhmu tidak terdapat rangka?

b.   Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami bahwa setiap makhluk hidup bergerak.

2.                Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang sistem gerak, tulang penyusun rangka tubuh dan macam-macam tulang melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru

§ Elaborasi
F Peserta didik mengerjakan lembaran kerja siswa tentang sistem gerak, tulang penyusun rangka tubuh dan macam-macam tulang berdasarkan informasi yang telah didapatkan melalui buku sumber belajar/ media charta
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
F  Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami
F Peserta didik menyerahkan hasil kerja yang dilakukan dan diperiksa oleh guru

§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.    Kegiatan Penutup        
§  Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
§  Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua
       1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                 1)  Gerakkan kepala kamu! Bagaimanakah arah gerak yang ditimbulkannya?
                 2)  Apa bedanya dengan lipatan siku dan lututmu?

            b.  Pengetahuan Prasyarat
                 Siswa telah memahami macam-macam tulang.

      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§  Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang konsep sendi dan macam-macam sendi, perbedaan otot lurik, otot jantung dan otot polos, mekanisme gerak otot, macam-macam gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia  dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber

§ Elaborasi
§  Peserta didik mengamati model / charta rangka manusia dan saling memberi informasi tentang tulang-tulang penyusun rangka
§  Peserta didik mengerjakan lembaran kerja siswa tentang sendi, otot serta gangguan dan  kelainan pada rangka dan otot berdasarkan informasi yang telah didapatkan melalui buku sumber belajar/ media charta
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
§  Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami
§  Peserta didik menyerahkan hasil kerja yang dilakukan dan diperiksa oleh guru

§ Konfirmasi
§  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber,
§  Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
       3.  Kegiatan Penutup
§  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Guru memberi tugas rumah.

F.      Sumber Pembelajaran
       1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional      
       2.  Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
       3.  Charta
       4.  LKS

G.     Penilaian.          
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
1.    Menjelaskan komponen penyusun sistem gerak pada manusia

2.    Mengidentifikasi macam-macam tulang




3.    Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya


4.    Mengidentifikasi otot pada manusia
Tes Tertulis


Tes Tertulis




Tes Tertulis


Tes Tertulis
Uraian



Uraian





Uraian



Uraian

1.    Jelaskanlah komponen penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan susunan anatominya!

2.    Tuliskanlah 3 macam tulang berdasarkan bentuknya!

3.    Tuliskanlah 3 pengelompokkan tulang berdasarkan letaknya!

4.    Jelaskanlah 4 macam sendi berdasarkan arah geraknya!


5.    Tuliskanlah 3 macam otot pada  manusia!
6



3


3


8



3

     
Kunci Jawaban:
1.    Komponen penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan susunan anatominya:
a.   Tulang rawan (kartilago), banyak mengandung zat perekat (kolagen) yang tersusun atas protein dan zat kapur (kalsium karbonat dan kalsium fosfat) dalan jumlah sedikit. Tulang rawan bersifat lentur dan elastis
b. Tulang keras (osteon), berasal dari tulang rawan. Proses pembentukannya disebut osifikasi. Proses pengerasan tulang dipengaruhi oleh vitamin D.
c.   Jaringan ikat sendi (ligamen), berfungsi mengikat atau menghubungkan beberapa tulang


2.    3 macam tulang berdasarkan bentuknya: Tulang pipa, Tulang pendek, Tulang pipih

3.    3 pengelompokkan tulang berdasarkan letaknya: Tulang pembentuk tengkorak, Tulang pembentuk anggota badan, Tulang anggota gerak

4.    4 macam sendi berdasarkan arah geraknya:
a.    Sendi Engsel yaitu hubungan antar tulang dimana salah satu tulangnya hanya dapat digerakkan ke satu arah saja seperti pada pintu
b.    Sendi Putar yaitu hubungan antar 2 tulang yang memungkinkan tulang yang satu bergerak memutar pada tulang yang lainnya
c.    Sendi Pelana merupakan hubungan antar 2 tulang yang permukaannya terbentuk pelana kuda dan memungkinkan gerak dua arah
d.    Sendi Peluru  merupakan hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan ke segala arah

5.    3 macam otot pada  manusia: Otot jantung, Otot lurik, Otot polos

Nilai =

Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor/Nilai Total
Disiplin
Perhatian
Ketekunan
Tanggung Jawab
Ketelitian
1







2








Nilai:
1.    Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.    Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 3
3.    Cukup disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti            : 2
4.    Kurang disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 1

      KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
5.   Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Penugasan






6.    Buatlah kliping tentang kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari! (minimal 5 contoh)






              

Mengetahui,
Kepala sekolah


Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003

Koto Gadang,           Juli 2016
Guru IPA,


Ekwatno
NIP: 196605231989031004

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar