RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 03
Jenjang Sekolah : SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII/I
Alokasi waktu : 4 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A. Indikator
1. Menjelaskan komponen penyusun sistem gerak pada manusia
2.
Mengidentifikasi macam-macam tulang
3.
Mengidentifikasi
macam sendi dan fungsinya
4.
Mengidentifikasi otot pada manusia
5.
Mendata
contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
B. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan fungsi rangka
2.
Menjelaskan jenis tulang berdasarkan
susunan anatominya
3.
Menjelaskan
macam-macam tulang berdasarkan bentuknya
4.
Menyebutkan pengelompokkan tulang
berdasarkan letaknya
5.
Menyebutkan macam tulang pembentuk
tengkorak
6.
Menyebutkan macam tulang pembentuk
badan
7.
Menyebutkan macam tulang anggota
gerak
8. Menjelaskan
macam-macam sendi dan contohnya.
9. Menyebutkan
macam-macam otot
10.
membandingkan otot polos, otot lurik,
dan otot jantung
11.
Menjelaskan mekanisme gerak otot
12.
Menjelaskan
macam-macam gangguan dan kelainan pada tulang dan
otot.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
(Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)
C.
Materi
Pembelajaran
Sistem Gerak Pada Manusia
Pertemuan 1
a.
Sistem Gerak
b.
Tulang Penyusun Rangka Tubuh
c.
Macam-macam Tulang
Pertemuan 2
d.
Sendi
e.
Otot
f.
Gangguan pada Sistem Gerak
D.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2.
Metode : Kerja kelompok, informasi, tanya jawab
3.
Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
1) Mengapa daun telinga dan batang hidungmu
dapat dibengkokkan sedang lengan atas dan pahamu tidak dapat?
2) Bagaimana akibatnya jika dalam tubuhmu tidak
terdapat rangka?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami bahwa setiap
makhluk hidup bergerak.
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F
Peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang sistem gerak,
tulang penyusun rangka tubuh dan macam-macam tulang melalui buku paket dan
sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru
§ Elaborasi
F
Peserta
didik mengerjakan lembaran kerja siswa tentang sistem gerak, tulang penyusun
rangka tubuh dan macam-macam tulang berdasarkan informasi yang telah didapatkan
melalui buku sumber belajar/ media charta
F
Peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik
F
Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum
dipahami
F
Peserta
didik menyerahkan hasil kerja yang dilakukan dan diperiksa
oleh guru
§ Konfirmasi
F
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F
Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber
F
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3.
Kegiatan Penutup
§ Dengan bantuan guru, siswa membuat
kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
§ Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Gerakkan kepala kamu!
Bagaimanakah arah gerak yang ditimbulkannya?
2) Apa bedanya dengan lipatan
siku dan lututmu?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami macam-macam tulang.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§ Peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang konsep sendi dan macam-macam sendi, perbedaan otot lurik, otot jantung
dan otot polos, mekanisme gerak otot, macam-macam gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber
§ Elaborasi
§ Peserta didik mengamati model /
charta rangka manusia dan saling memberi informasi tentang tulang-tulang penyusun
rangka
§ Peserta didik mengerjakan lembaran
kerja siswa tentang sendi, otot serta gangguan dan kelainan pada rangka dan otot berdasarkan
informasi yang telah didapatkan melalui buku sumber belajar/ media charta
§ Guru memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta
didik
§ Peserta didik menanyakan hal-hal yang
belum dipahami
§ Peserta didik menyerahkan
hasil kerja yang dilakukan dan diperiksa oleh guru
§ Konfirmasi
§ Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
§ Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§ Melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
§ Peserta didik dengan
bimbingan guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
§ Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§ Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
§ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
§ Guru
memberi tugas rumah.
F.
Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII
SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.
Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
3.
Charta
4.
LKS
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
1.
Menjelaskan komponen penyusun sistem gerak pada manusia
2.
Mengidentifikasi macam-macam tulang
3.
Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
4.
Mengidentifikasi otot pada manusia
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1. Jelaskanlah
komponen penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan susunan anatominya!
2. Tuliskanlah
3 macam tulang berdasarkan bentuknya!
3. Tuliskanlah
3 pengelompokkan tulang berdasarkan letaknya!
4. Jelaskanlah
4 macam sendi berdasarkan arah geraknya!
5. Tuliskanlah
3 macam otot pada manusia!
|
6
3
3
8
3
|
Kunci
Jawaban:
1.
Komponen penyusun rangka tubuh
manusia berdasarkan susunan anatominya:
a.
Tulang rawan (kartilago), banyak mengandung zat perekat (kolagen)
yang tersusun atas protein dan zat kapur (kalsium karbonat dan kalsium fosfat)
dalan jumlah sedikit. Tulang rawan bersifat lentur dan elastis
b. Tulang keras (osteon), berasal dari tulang rawan. Proses
pembentukannya disebut osifikasi. Proses pengerasan tulang
dipengaruhi oleh vitamin D.
c. Jaringan ikat sendi (ligamen),
berfungsi mengikat atau menghubungkan beberapa tulang
2.
3 macam tulang berdasarkan bentuknya:
Tulang pipa, Tulang pendek, Tulang pipih
3.
3 pengelompokkan tulang berdasarkan
letaknya: Tulang pembentuk tengkorak, Tulang pembentuk anggota
badan, Tulang anggota gerak
4.
4 macam sendi berdasarkan arah
geraknya:
a.
Sendi
Engsel yaitu hubungan antar tulang dimana salah satu tulangnya
hanya dapat digerakkan ke satu arah saja seperti pada pintu
b.
Sendi
Putar yaitu hubungan antar 2 tulang yang memungkinkan tulang
yang satu bergerak memutar pada tulang yang lainnya
c.
Sendi
Pelana merupakan hubungan antar 2 tulang yang permukaannya
terbentuk pelana kuda dan memungkinkan gerak dua arah
d.
Sendi
Peluru merupakan
hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan ke segala arah
5.
3 macam otot pada manusia: Otot jantung, Otot lurik, Otot polos
Nilai =
Penilaian
Karakter
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor/Nilai Total
|
||||
Disiplin
|
Perhatian
|
Ketekunan
|
Tanggung Jawab
|
Ketelitian
|
|||
1
|
|||||||
2
|
Nilai:
1.
Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 4
2.
Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 3
3.
Cukup
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 2
4.
Kurang
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 1
KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
5. Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan
tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
|
Penugasan
|
6.
Buatlah kliping tentang kelainan dan penyakit yang
berhubungan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari! (minimal 5 contoh)
|
Mengetahui,
Kepala sekolah
Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003
|
Koto Gadang, Juli 2016
Guru IPA,
Ekwatno
NIP: 196605231989031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar