RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 02
Jenjang Sekolah : SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII/I
Alokasi waktu : 2 X 40’ ( 1x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia.
A. Indikator
1.
Menjelaskan tahapan perkembangan manusia
sejak sebelum lahir sampai dewasa.
2.
Menjelaskan
perkembangan pada
anak-anak/balita
3.
Menjelaskan perbedaan ciri remaja
laki-laki dan remaja perempuan.
4.
Menjelaskan ciri-ciri manusia usia
tua
B. Tujuan
Pembelajaran
Melalui diskusi, peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan 3 jenis hormon pertumbuhan
pada manusia
2.
Menjelaskan perkembangan janin dalam kandungan
3.
Menyebutkan urutan tahap perkembangan
manusia
4.
Menjelaskan perkembangan balita/anak-anak.
5.
Menyebutkan ciri-ciri remaja laki-laki
dan perempuan
6.
Menyebutkan ciri-ciri manusia pada usia
tua
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
(Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)
C. Materi Pembelajaran
Tahapan-Tahapan Perkembangan Pada
Manusia
a.
Masa Sebelum lahir
b.
Masa Bayi dan Anak-anak
c.
Masa Remaja
d.
Masa Dewasa/Tua
D. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2.
Metode :
Tanya jawab, informasi, dan observasi
3.
Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1). Apa sajakah perbedaan tubuhmu dari
bayi hingga sekarang?
2). Apa perbedaan tubuhmu
dengan orang tuamu dan kakek nenekmu?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah mampu memahami perkembangan pada beberapa hewan
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang perkembangan pada manusia melalui
buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru
§ Elaborasi
F Peserta didik dengan bimbingan guru mengamati
perkembangan pada manusia dengan memanfaatkan media charta
F Peserta didik membuat laporan tertulis
tentang eksplorasi yang dilakukan, secara individual maupun kelompok
F Peserta didik menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh peserta lain
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3. Kegiatan
Penutup
§ Peserta didik dengan bimbingan
guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
§ Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§ Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
§ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
§
Guru memberi tugas rumah.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII
SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.
Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
3.
Charta/gambar
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
1. Menjelaskan
tahapan perkembangan manusia sejak sebelum lahir sampai dewasa.
2.
Menjelaskan perkembangan pada anak-anak/balita
3.
Menjelaskan perbedaan remaja
laki-laki dan remaja perempuan.
4.
Menjelaskan ciri-ciri manusia pada
usia tua
|
Tes Tertulis
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Tuliskanlah 3 hormon yang
mempengaruhi pertubuhan dan perkembangan pada manusia!
2.
Tuliskan secara berurutan tentang
tahap perkembangan pada manusia!
3.
Kemukakan tahap perkembangan manusia pada masa
balita!
4.
Tuliskanlah 3 ciri remaja laki-laki
5.
Tuliskan 3 ciri remaja perempuan!
6.
Tuliskan 4 ciri-ciri manusia pada
usia tua!
|
3
4
12
3
3
4
|
Kunci
Jawaban:
1.
3 hormon yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan pada manusia: tiroksin, esterogen/progesteron dan
testosteron/spermatozoid
2.
Urutan tahap perkembangan pada manusia:
masa sebelum lahir – masa bayi dan anak-anak – masa remaja – masa dewasa/tua
3.
Perkembangan manusia pada masa
balita:
a.
Usia 0 – 6 bulan: Bayi sudah mampu
mengendalikan bobot kepala, Bayi sudah bisa tengkurap, Bayi sudah bisa duduk
jika telah dapat menopang
b.
Usia 9 – 12 Bulan:
Umumnya bayi sudah bisa merangkak, Sudah mampu menegakan diri sendiri, Ada juga
yang sudah dapat berdiri sendiri tanpa bantuan
c.
Usia 18 bulan: Anak sudah bisa
berjalan tanpa dibantu, Sudah bisa memanjat tangga, Mengetahui sedikitnya enam
kata
d.
Usia 2 – 3 tahun: Anak dapat memegang
pensil, mencoret-coret dan meniru bentuk-bentuk sederhana, Mampu berbicara dengan
kalimat yang sederhana, Sudah mempunyai rasa ingin tahu tentang sesuatu yang
dilihat dengan mata dan kepalanya sendiri.
4.
3 ciri remaja laki-laki: tumbuh
jambang dan kumis, otot lebih kekar, dada menjadi lebih lapang
5.
3 ciri remaja perempuan: menstruasi,
pembesaran payudara dan panggul, kulit dan suara menjadi lebih halus
6.
4 ciri manusia pada usia tua: Sistem
peredaran darah mulai berkurang efesiensinya, Sistem pernafasan sudah mulai
terganggu, Tulang-tulang sudah agak mulai rapuh, Kulit sudah mulai keriput,
Rambut menjadi putih dan rontok
Nilai =
Penilaian
Karakter
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor/Nilai Total
|
||||
Disiplin
|
Perhatian
|
Ketekunan
|
Tanggung Jawab
|
Ketelitian
|
|||
1
|
|||||||
2
|
Nilai:
1.
Sangat
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.
Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 3
3.
Cukup
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 2
4.
Kurang
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 1
Mengetahui,
Kepala sekolah
Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003
|
Koto Gadang, Juli 2016
Guru IPA,
Ekwatno
NIP: 196605231989031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar