Minggu, 01 Oktober 2017

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 02

Jenjang Sekolah           :  SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          :  VIII/I
Alokasi waktu              :  2 X 40’ ( 1x pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.2.
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

A.       Indikator  
1.    Menjelaskan tahapan perkembangan manusia sejak sebelum lahir sampai dewasa.
2.    Menjelaskan perkembangan pada anak-anak/balita
3.    Menjelaskan perbedaan ciri remaja laki-laki  dan remaja perempuan.
4.    Menjelaskan ciri-ciri manusia usia tua

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, peserta didik dapat:
1.    Menyebutkan 3 jenis hormon pertumbuhan pada manusia
2.    Menjelaskan perkembangan janin dalam kandungan
3.    Menyebutkan urutan tahap perkembangan manusia
4.    Menjelaskan perkembangan balita/anak-anak.
5.    Menyebutkan ciri-ciri remaja laki-laki dan perempuan
6.    Menyebutkan ciri-ciri manusia pada usia tua

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)

C.       Materi Pembelajaran
Tahapan-Tahapan Perkembangan Pada Manusia
a.       Masa Sebelum lahir
b.      Masa Bayi dan Anak-anak
c.       Masa Remaja
d.      Masa Dewasa/Tua

D.     Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
       2.  Metode                                    : Tanya jawab, informasi, dan observasi
       3.  Model Pembelajaran                :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.

E.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi
                 1). Apa sajakah perbedaan tubuhmu dari bayi hingga sekarang?
                 2). Apa perbedaan tubuhmu dengan orang tuamu dan kakek nenekmu?

            b.   Pengetahuan Prasyarat
                 Siswa telah mampu memahami perkembangan pada beberapa hewan

       2.   Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
F Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang perkembangan pada manusia melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru

§  Elaborasi
F Peserta didik dengan bimbingan guru mengamati perkembangan pada manusia dengan memanfaatkan media charta
F Peserta didik membuat laporan tertulis tentang eksplorasi yang dilakukan, secara individual maupun kelompok
F Peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh peserta lain
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.   Kegiatan Penutup       
§  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Guru memberi tugas rumah.
     
F.      Sumber Pembelajaran
       1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional      
       2.  Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
       3.  Charta/gambar
      
G.     Penilaian.          
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
1.    Menjelaskan tahapan perkembangan manusia sejak sebelum lahir sampai dewasa.




2.    Menjelaskan perkembangan pada anak-anak/balita

3.    Menjelaskan perbedaan remaja laki-laki  dan remaja perempuan.

4.    Menjelaskan ciri-ciri manusia pada usia tua
Tes Tertulis





Tes Tertulis

Tes Tertulis


Tes Tertulis
Uraian






Uraian


Uraian



Uraian
1.    Tuliskanlah 3 hormon yang mempengaruhi pertubuhan dan perkembangan pada manusia!

2.    Tuliskan secara berurutan tentang tahap perkembangan pada manusia!

3.     Kemukakan tahap perkembangan manusia pada masa balita!

4.    Tuliskanlah 3 ciri remaja laki-laki

5.    Tuliskan 3 ciri remaja perempuan!

6.    Tuliskan 4 ciri-ciri manusia pada usia tua!
3



4


12


3

3

4

Kunci Jawaban:
1.    3 hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia: tiroksin, esterogen/progesteron dan testosteron/spermatozoid

2.    Urutan tahap perkembangan pada manusia: masa sebelum lahir – masa bayi dan anak-anak – masa remaja – masa dewasa/tua

3.    Perkembangan manusia pada masa balita:
a.    Usia 0 – 6 bulan: Bayi sudah mampu mengendalikan bobot kepala, Bayi sudah bisa tengkurap, Bayi sudah bisa duduk jika telah dapat menopang
b.    Usia 9 – 12 Bulan: Umumnya bayi sudah bisa merangkak, Sudah mampu menegakan diri sendiri, Ada juga yang sudah dapat berdiri sendiri tanpa bantuan
c.    Usia 18 bulan: Anak sudah bisa berjalan tanpa dibantu, Sudah bisa memanjat tangga, Mengetahui sedikitnya enam kata
d.    Usia 2 – 3 tahun: Anak dapat memegang pensil, mencoret-coret dan meniru bentuk-bentuk sederhana, Mampu berbicara dengan kalimat yang sederhana, Sudah mempunyai rasa ingin tahu tentang sesuatu yang dilihat dengan mata dan kepalanya sendiri.
4.    3 ciri remaja laki-laki: tumbuh jambang dan kumis, otot lebih kekar, dada menjadi lebih lapang

5.    3 ciri remaja perempuan: menstruasi, pembesaran payudara dan panggul, kulit dan suara menjadi lebih halus

6.    4 ciri manusia pada usia tua: Sistem peredaran darah mulai berkurang efesiensinya, Sistem pernafasan sudah mulai terganggu, Tulang-tulang sudah agak mulai rapuh, Kulit sudah mulai keriput, Rambut menjadi putih dan rontok

Nilai =




Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor/Nilai Total
Disiplin
Perhatian
Ketekunan
Tanggung Jawab
Ketelitian
1







2








Nilai:
1.    Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.    Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 3
3.    Cukup disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti            : 2
4.    Kurang disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 1

                                                                                                           

Mengetahui,
Kepala sekolah


Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003

Koto Gadang,           Juli 2016
Guru IPA,


Ekwatno
NIP: 196605231989031004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar