Minggu, 01 Oktober 2017

RPP NO 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 05

Jenjang Sekolah           :  SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2x Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.5.
Mendiskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

A.       Indikator 
1.    Menjelaskan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
2.    Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada pernafasan dada dan pernafasan perut
3.    Mengukur frekuensi pernafasan sebelum dan setelah melakukan kegiatan
4.    Menjelaskan kapasitas paru-paru
5.    Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat:
1.    Mengidentifikasi organ penyusun sistem pernafasan pada manusia.
2.    Menyebutkan fungsi masing-masing organ pernafasan
3.    Menjelaskan jenis-jenis pernafasan pada manusia
4.    Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi
5.    Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernafasan
6.    Mengukur frekuensi pernafasan sebelum dan sesudah melakukan olahraga.
7.    Menjelaskan kapasitas paru-paru
8.    Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)

C.        Materi Pembelajaran
       Sistem Pernafasan Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan
       Pertemuan 1
a.    Organ-organ Pernafasan
b.    Mekanisme Pernafasan
c.    Kapasitas Paru-paru
Pertemuan 2
d.    Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernafasan

D.     Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
       2.  Metode                                    :  Kerja kelompok, diskusi, informasi, eksperimen dan observasi
       3.  Model Pembelajaran                :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Pendahuluan
                        a.  Motivasi
1)        Tahukah kamu apa fungsi bernafas? Mengapa kita tidak dapat menahan nafas lama?
2)        Terdiri dari organ apakah sistem pernafasan manusia? dan apa fungsinya masing-masing organ tersebut?

            b.  Pengetahuan Prasyarat
                 Siswa telah memahami  sistem pencernaan pada manusia.

2.   Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang organ-organ pernafasan, mekanisme pernafasan manusia dan kapasitas paru-paru dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
F Menyiapkan peralatan untuk melakukan percobaan untuk mengukur frekuensi pernafasan sebelum dan sesudah melakukan olahraga

§ Elaborasi
F Siswa mengidentifikasi organ penyusun sistem pernafasan manusia
F Siswa melakukan percobaan untuk mengukur frekuensi pernafasan sebelum dan sesudah melakukan olahraga
F Siswa membuat laporan hasil diskusi dan hasil percobaan yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi dan hasil percobaan yang dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain

§ Konfirmasi
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.   Kegiatan Penutup
§  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
§  Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Dapatkah sistem pernafasan dapat mengalami gangguan? Mengapa?

            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ sistem pernafasan manusia dan proses inspirasi maupun ekspirasi.

2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang gangguan pada sistem pernafasan dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber

§ Elaborasi
F Siswa melakukan diskusi gangguan pada sistem pernafasan pada manusia
F Siswa membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain

§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.   Kegiatan Penutup
§  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Guru memberi tugas rumah.

F.     Sumber Pembelajaran
       1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional      
       2.  Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
       3.  Charta dan bahan percobaan.









      
G.     Penilaian.          
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
1.    Menjelaskan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia

2.    Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernafasan dada dan pernafasan perut






3.    Menjelaskan kapasitas paru-paru

Tes Tertulis




Tes Tertulis


Tes Tertulis

Uraian




Uraian


Uraian
1.     Tuliskanlah 5 macam alat pernafasan pada manusia!



2.     Jelaskanlah 2 macam sistem pernafasan manusia!

3.     Buatlah tabel perbandingan proses yang terjadi saat inspirasi dan ekspirasi!

4.     Tuliskanlah 4 faktor yang mempengaruhi frekuensi pernafasan!

5.     Jelaskanlah kapasitas total paru-paru!
5




4


15



4



4


Kunci Jawaban:
1.    5 macam alat pernafasan pada manusia: Rongga hidung, Pangkal tenggorokan (laring), Batang tenggorokan (trakea), Cabang batang tenggorokan (bronkia), Paru-paru

2.   2 macam sistem pernafasan manusia:
a.    Pernafasan dada adalah pernafasan yang terjadi akibat kontraksi otot-otot antartulang rusuk (otot sela iga).
b.    Pernafasan perut adalah pernafasan yang terjadi akibat aktivitas otot diafragma atau sekat rongga dada dan otot dinding rongga perut.

3.   Tabel perbandingan proses yang terjadi saat inspirasi dan ekspirasi:
No

Inspirasi
Ekspirasi
1
Otot diafragma
Berelaksasi
Berkontraksi
2
Otot antar tulang rusuk
Berkontraksi sehingga tulang rusuk terangkat
Berkontraksi, tulang rusuk kembali ke posisi semula
3
Rongga dada
Membesar
Mengecil
4
Tekanan udara dalam rongga dada
Mengecil
Membesar
5
Paru-paru
Mengembang
Mengempis
     
4. 4 faktor yang mempengaruhi frekuensi pernafasan: Usia, Jenis kelamin, Aktivitas, Posisi tubuh

5. Kapasitas total paru-paru merupakan daya tampung paru-paru untuk menampung udara pernapasan, jumlah 5 liter. Kapasitas total paru-paru merupakan jumlah udara tidal, udara suplementer, udara komplementer dan udara residu

Nilai =


Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor/Nilai Total
Disiplin
Perhatian
Ketekunan
Tanggung Jawab
Ketelitian
1







2








Nilai:
1.    Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.    Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 3
3.    Cukup disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti            : 2
4.    Kurang disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 1

KMTT:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
2.    Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Penugasan






4.  Buatlah kliping tentang kelainan dan penyakit yang berhungan dengan sistem pernapasan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari! (Berikan 4 contoh)







                                   
Mengetahui,
Kepala sekolah


Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003

Koto Gadang,           Juli 2016
Guru IPA,


Ekwatno
NIP: 196605231989031004








Tidak ada komentar:

Posting Komentar