RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 05
Jenjang Sekolah : SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 4 X 40’ ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.5.
Mendiskripsikan
sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.
Indikator
1.
Menjelaskan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
2.
Membandingkan proses inspirasi dan
ekspirasi pada pernafasan dada dan pernafasan perut
3. Mengukur
frekuensi pernafasan sebelum dan setelah melakukan kegiatan
4. Menjelaskan
kapasitas paru-paru
5.
Mendata contoh kelainan dan penyakit
pada sistem pernapasan yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
B.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat:
1.
Mengidentifikasi organ penyusun sistem
pernafasan pada manusia.
2.
Menyebutkan fungsi masing-masing organ pernafasan
3.
Menjelaskan jenis-jenis pernafasan pada
manusia
4.
Membandingkan proses inspirasi dan
ekspirasi
5.
Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi frekuensi pernafasan
6.
Mengukur frekuensi pernafasan sebelum
dan sesudah melakukan olahraga.
7.
Menjelaskan kapasitas paru-paru
8.
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
(Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)
C.
Materi Pembelajaran
Sistem Pernafasan Pada Manusia Dan
Hubungannya Dengan Kesehatan
Pertemuan
1
a.
Organ-organ Pernafasan
b.
Mekanisme Pernafasan
c. Kapasitas
Paru-paru
Pertemuan 2
d. Kelainan
dan Penyakit pada Sistem Pernafasan
D. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2.
Metode : Kerja kelompok, diskusi, informasi,
eksperimen dan observasi
3.
Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung dan kooperatif.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
1)
Tahukah kamu apa fungsi bernafas?
Mengapa kita tidak dapat menahan nafas lama?
2)
Terdiri
dari organ apakah sistem pernafasan manusia? dan apa fungsinya
masing-masing organ tersebut?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami sistem pencernaan pada manusia.
2.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang organ-organ pernafasan, mekanisme
pernafasan manusia dan kapasitas paru-paru dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber
F Menyiapkan
peralatan untuk melakukan percobaan untuk mengukur frekuensi pernafasan sebelum
dan sesudah melakukan olahraga
§
Elaborasi
F Siswa mengidentifikasi
organ penyusun sistem
pernafasan manusia
F Siswa
melakukan percobaan untuk
mengukur frekuensi pernafasan sebelum dan sesudah melakukan olahraga
F Siswa
membuat laporan hasil diskusi dan hasil percobaan yang dilakukan dalam
kelompoknya
F Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi dan hasil percobaan yang
dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain
§
Konfirmasi
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahpemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
F Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3.
Kegiatan
Penutup
§
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
§
Guru
memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Dapatkah sistem pernafasan
dapat mengalami gangguan? Mengapa?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ
sistem pernafasan manusia dan proses inspirasi maupun ekspirasi.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang gangguan pada sistem
pernafasan dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber
§
Elaborasi
F Siswa melakukan diskusi gangguan
pada sistem pernafasan pada manusia
F Siswa
membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi yang dilakukan dalam
kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain
§
Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3. Kegiatan
Penutup
§ Peserta didik dengan
bimbingan guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
§ Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§ Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
§ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
§ Guru
memberi tugas rumah.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII
SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.
Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
3.
Charta dan bahan percobaan.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
1. Menjelaskan macam organ penyusun sistem
pernapasan pada manusia
2.
Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernafasan
dada dan pernafasan perut
3.
Menjelaskan kapasitas paru-paru
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes
Tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Tuliskanlah 5 macam alat pernafasan
pada manusia!
2.
Jelaskanlah 2 macam sistem
pernafasan manusia!
3.
Buatlah tabel perbandingan proses
yang terjadi saat inspirasi dan ekspirasi!
4.
Tuliskanlah 4 faktor yang
mempengaruhi frekuensi pernafasan!
5.
Jelaskanlah kapasitas total
paru-paru!
|
5
4
15
4
4
|
Kunci
Jawaban:
1.
5 macam alat pernafasan pada manusia:
Rongga hidung, Pangkal tenggorokan (laring), Batang tenggorokan (trakea),
Cabang batang tenggorokan (bronkia), Paru-paru
2.
2 macam sistem pernafasan manusia:
a.
Pernafasan dada adalah pernafasan
yang terjadi akibat kontraksi otot-otot antartulang rusuk (otot sela iga).
b.
Pernafasan perut adalah pernafasan yang
terjadi akibat aktivitas otot diafragma atau sekat rongga dada dan otot dinding
rongga perut.
3. Tabel
perbandingan proses yang terjadi saat inspirasi dan ekspirasi:
No
|
|
Inspirasi
|
Ekspirasi
|
1
|
Otot diafragma
|
Berelaksasi
|
Berkontraksi
|
2
|
Otot antar tulang rusuk
|
Berkontraksi sehingga tulang
rusuk terangkat
|
Berkontraksi, tulang rusuk kembali ke
posisi semula
|
3
|
Rongga dada
|
Membesar
|
Mengecil
|
4
|
Tekanan udara dalam rongga dada
|
Mengecil
|
Membesar
|
5
|
Paru-paru
|
Mengembang
|
Mengempis
|
4. 4 faktor
yang mempengaruhi frekuensi pernafasan: Usia, Jenis kelamin, Aktivitas, Posisi
tubuh
5. Kapasitas total paru-paru merupakan daya tampung paru-paru untuk menampung
udara pernapasan, jumlah 5 liter. Kapasitas total paru-paru merupakan
jumlah udara tidal, udara suplementer, udara komplementer dan udara residu
Nilai =
Penilaian
Karakter
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor/Nilai Total
|
||||
Disiplin
|
Perhatian
|
Ketekunan
|
Tanggung Jawab
|
Ketelitian
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai:
1.
Sangat
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.
Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 3
3.
Cukup
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 2
4.
Kurang
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 1
KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
2. Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Penugasan
|
|
4. Buatlah
kliping tentang
kelainan dan penyakit yang berhungan dengan sistem pernapasan yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari! (Berikan 4 contoh)
|
|
Mengetahui,
Kepala sekolah
Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003
|
|
Koto Gadang, Juli 2016
Guru IPA,
Ekwatno
NIP: 196605231989031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar