Minggu, 01 Oktober 2017

RPP No 1

RPP KTSP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 01

Jenjang Sekolah           :  SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          :  VIII/I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.1.
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

A.       Indikator
1.    Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
2.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
3.    Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
4.    Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi dan media charta peserta didik dapat :
1.    Menyebutkan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
2.    Membedakan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
3.    Menyebutkan bagian-bagian kecambah
4.    Membedakan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder
5.    Menjelaskan faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
6.    Menyebutkan tahap perkembangan pada hewan
7.    Menyebutkan hormon yang mempengaruhi pertumbuhan pada hewan
8.    Menyebutkan pengertian metamorfosis
9.    Menyebutkan macam-macam metamorfosis
10.            Menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya
11.                        Menyebutkan pengertian metagenesis
12.                        Menggambarkan metagenesis pada tumbuhan lumut dan paku

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)

C.       Materi Pembelajaran
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup
Pertemuan 1
a.    Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan
b.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan
Pertemuan 2
c.    Perkembangan pada Hewan
d.    Metamorfosis dan Metagenesis

D.       Metode Pembelajaran
F  Pendekatan                :  Pembelajaran kontekstual
F  Metode                                  :  Kerja kelompok, tanya jawab dan percobaan / observasi
F  Model Pembelajaran  :  Pembelajaran Langsung dan Pembelajaran Kooperatif.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama

1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Motivasi
1)   Menurutmu apa yang dimaksud dengan tumbuh dan berkembang?
2)   Dapatkah kamu menunjukkan bukti bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan?

b.    Pengetahuan Prasyarat
                   Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk hidup terutama tumbuh dan berkembang biak.
2.    Kegiatan Inti               
§  Eksplorasi
F Peserta didik dengan bimbingan guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang
F Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru

§  Elaborasi
F Peserta didik berdiskusi dengan bimbingan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup serta faktor-faktor yang mempengaruhinya
F Peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
F Peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh peserta lain
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahanpemahaman tentang materi yang dipelajari
F Memberikan penguatan  dan penyimpulan hasil kegiatan

3.    Kegiatan Penutup        
§  Dengan dibimbing guru, siswa membuat kesimpulan dan rangkuman dari hasil pembelajarannya.
§  Guru memberi tugas rumah untuk mengamati pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang kedelai sesuai dengan petunjuk pada LKS.

Pertemuan Kedua

1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Motivasi
1)   Disebut apakah proses perkembangan telur katak hingga menjadi katak dewasa?
2)   Bagaimanakah cara tumbuhan lumut berkembang biak?

b.    Pengetahuan Prasyarat
                 Siswa telah memahami pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

2.    Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
F Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang perkembangan pada hewan  melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru

§  Elaborasi
F Peserta didik melakukan pengamatan dengan bimbingan guru tentang perkembangan pada katak mulai dari zigot sampai embrio dengan memanfaatkan media charta
F Peserta didik membuat laporan tertulis tentang eksplorasi yang dilakukan, secara individual maupun kelompok
F Peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh peserta lain
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.   Kegiatan Penutup       
§  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Guru memberi tugas rumah.

F.     Sumber Pembelajaran
       1.  Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.  Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
       3.  Charta/gambar dan bahan percobaan.
       4.  LKS
      
G.     Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
1.    Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

2.    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

3.    Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada hewan


4.    Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.


Tes Tertulis



Tes Tertulis



Tes Tertulis



Tes Tertulis


Uraian



Uraian



Uraian



Uraian

1.    Jelaskan perbedaan antara pertumbuhan dengan perkembangan!


2.    Tuliskanlah 5 faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan!

3.    Uraikan proses perkembangan pada katak mulai zigot sampai dewasa melalui skema!

4.    Apakah perbedaan antara metamorfosis sempurna dengan metamorfosis tidak sempurna dan tuliskan masing-masing 2 contoh hewan yang mengalaminya!

5.    Buatlah skema pergiliran keturunan pada paku!
6



5



7



6




9
                       
Kunci Jawaban:
1.    Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan adalah:
§  Pertumbuhan adalah  perubahan ukuran dan isi sel yang tidak dapat balik kembali (irreversibel). Pertumbuhan menyangkut aspek komunitatif suatu perkembangan sehingga pertumbuhan dapat diukur dengan alat ukur.
§  Perkembangan adalah perubahan pada makhluk hidup menuju kedewasaan. Perkembangan ini menyangkut aspek kualitatif sehingga tidak bisa dinyatakan dengan angka.

2.    Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan adalah:
a.    Udara mengandung bermacam-macam gas seperti oksigen, karbondioksida, nitrogen, uap air dan lain-lain yang memiliki peranan besar dalam pertumbuhan pada tumbuhan.
b.    Cahaya matahari diperlukan sebagai sumber energi utama untuk fotosintesis.
c.    Air sangat penting bagi semua makhluk hidup.
d.    Tanah berkaitan dengan ketersediaan unsur hara.
e.    Suhu berpengaruh terhadap kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

3.    Proses perkembangan katak mulai dari zigot sampai dewasa:
Zigot – embrio – berudu – berudu dengan 2 pasang kaki – katak berekor – katak muda – katak dewasa

4.    Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta 2 contoh hewan yang mengalaminya:
a.    Metamorfosis Sempurna adalah Metamorfosis yang tahap pertumbuhan bentuk yang jelas sehingga dapat dibedakan, mulai dari Telur → Larva → Pupa → Dewasa.
     Contoh: Kupu-kupu dan katak.
b.    Metamorfosis Tidak sempurna Metamorfosis dengan tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahap-tahap. Tahap perkembangan metamorfosis tidak sempurna adalah Telur – Nympha – Dewasa.
     Contoh Kecoak dan lalat


5.    Skema pergiliran keturunan pada paku:
Spora

Protallium
           
                                                Arkegonium                         Anteredium

                                                Sel Telur                                              Sel Sperma
 


Zigot
 


Paku

Sporangium


Nilai =


Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor/Nilai Total
Disiplin
Perhatian
Ketekunan
Tanggung Jawab
Ketelitian
1







2








Nilai:
-        Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
-        Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti                       : 3
-        Cukup disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti            : 2
-        Kurang disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 1


Mengetahui,
Kepala sekolah


Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003

Koto Gadang,           Juli 2016
Guru IPA,


Ekwatno
NIP: 196605231989031004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar