RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 04
Jenjang Sekolah : SMPN 2 koto Besar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 4 X 40’ ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.4.
Mendiskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A. Indikator
1.
Menjelaskan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya
2.
Membedakan
antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem
pencernaan pada manusia
3.
Menjelaskan organ-organ pencernaan
pada manusia beserta fungsinya
4.
Membandingkan
pencernaan mekanik dan kimiawi
5.
Menyebutkan
contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
B.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat:
1.
Menyebutkan jenis zat yang terkandung dalam bahan
makanan
2.
Menyebutkan fungsi karbohidrat
3.
Menyebutkan contoh sumber karbohidrat
4.
Menyebutkan fungsi lemak
5.
Menyebutkan contoh sumber lemak
6.
Menyebutkan fungsi protein
7.
Menyebutkan contoh sumber protein
8.
Menyebutkan macam vitamin berdasarkan
sifat larutnya
9.
Menjelaskan macam vitamin, sumber,
fungsi dan gejala defisiensi
10.
Menyebutkan fungsi beberapa jenis
mineral
11.
Menyebutkan fungsi air
12.
Menjelaskan perbedaan antara saluran pencernaan
dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia
13.
Menjelaskan organ-organ pencernaan
pada manusia beserta fungsinya
14.
Membandingkan pencernaan mekanik dengan pencernaan
chenus.
15.
Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
(Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)
C. Materi Pembelajaran
Sistem Pencernaan Manusia
Pertemuan
1
a.
Zat Makanan dan Fungsinya
Pertemuan 2
b.
Alat Pencernaan
c.
Gangguan pada Sistem pencernaan
D.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2.
Metode : Kerja kelompok, informasi, dan observasi
3.
Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung dan kooperatif.
E.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1)
Apakah semua makanan yang dimakan dibutuhkan oleh tubuh? mengapa?
2)
Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan tubuh? dan apa manfaatnya?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami bahwa gerakan memerlukan energi yang
diperoleh dengan proses pencernaan dan pernafasan
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F
Peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang makanan dan
fungsinya melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru
§
Elaborasi
F
Peserta
didik melakukan observasi dengan bimbingan guru tentang zat-zat makanan yang
terkandung dalam beberapa produk makanan
F
Peserta
didik membuat laporan tertulis tentang eksplorasi yang dilakukan, secara
individual maupun kelompok
F
Peserta
didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh
peserta lain
F
Peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
F
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F
Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber
F
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3.
Kegiatan Penutup
§
Dengan
bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
§
Guru
membuat refleksi dari hasil kegiatan dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
1)
Terdiri dari organ apakah saluran dan kelenjar pencernaan penyusun
sistem pencernaan manusia?
2) Apa bedanya pencernaan mekanik dengan
pencernaan kimia? dan pada organ apa terjadinya?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
F
Peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang alat
pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan melalui buku paket dan sumber
belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru
§
Elaborasi
F
Peserta
didik melakukan diskusi dengan bimbingan guru tentang alat pencernaan dan
kelainan pada sistem pencernaan
F
Peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok
F
Peserta
didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh
peserta lain
F
Peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
F
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F
Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
F
Memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3. Kegiatan
Penutup
§ Peserta didik dengan
bimbingan guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
§ Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§ Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
§ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
§ Guru
memberi tugas rumah.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII
SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.
Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
3.
Charta dan bahan percobaan.
4.
LKS
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
1.
Menjelaskan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di
dalamnya
2.
Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun
sistem pencernaan pada manusia
3.
Menjelaskan organ-organ pencernaan
pada manusia beserta fungsinya
4.
Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Tuliskan 6 jenis
kandungan zat yang terdapat dalam makanan!
2. Apakah
perbedaan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan?
3. Tuliskanlah
5 organ yang berperan dalam sistem pencernaan!
4.
Jelaskan perbedaan pencernaan mekanik dan kimia
adalah ....
|
6
2
5
4
|
Kunci
Jawaban:
1. 6 jenis kandungan zat dalam makanan: karbohidrat, lemak,
protein, vitamin, mineral, air
2.
Perbedaan antara saluran pencernaan
dan kelenjar pencernaan:
Saluran pencernaan merupakan pipa memanjang dari mulut
hingga lubang pelepasan. Kelenjar
pencernaan merupakan enzim yang menghasilkan getah yang berperan dalam
pencernaan secara kimiawi
3.
Organ-organ yang berperan dalam
sistem pencernaan: Rongga mulut, Kerengkongan, Lambung, Usus halus, Usus besar
4.
Hal
yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia:
Pencernaan mekanis memproses makanan dengan menggunakan
organ-organ pencernaan dan berlangsung dirongga mulut dan dilambung. Pencernaan kimiawi memproses makanan
dengan menggunakan zat kimia yaitu enzim-enzim atau kelenjar pencernaan dan
berlangsung di rongga mulut, lambung dan usus halus.
Nilai =
Penilaian
Karakter
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor/Nilai Total
|
||||
Disiplin
|
Perhatian
|
Ketekunan
|
Tanggung Jawab
|
Ketelitian
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai:
1.
Sangat
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.
Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 3
3.
Cukup
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 2
4.
Kurang
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 1
KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
5. Menyebutkan contoh kelainan dan
penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Penugasan
|
|
5. Buatlah
kliping tentang
kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan! (Berikan 4 contoh)
|
|
Mengetahui,
Kepala sekolah
Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003
|
|
Koto Gadang, Juli 2016
Guru IPA,
Ekwatno
NIP: 196605231989031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar