Minggu, 01 Oktober 2017

RPP No 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 04

Jenjang Sekolah           :  SMPN 2 koto Besar
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2x Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.4.
Mendiskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

A.       Indikator
1.         Menjelaskan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya
2.         Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
3.         Menjelaskan organ-organ pencernaan pada manusia beserta fungsinya
4.         Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi
5.         Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat:
1.    Menyebutkan jenis zat yang terkandung dalam bahan makanan
2.    Menyebutkan fungsi karbohidrat
3.    Menyebutkan contoh sumber karbohidrat
4.    Menyebutkan fungsi lemak
5.    Menyebutkan contoh sumber lemak
6.    Menyebutkan fungsi protein
7.    Menyebutkan contoh sumber protein
8.    Menyebutkan macam vitamin berdasarkan sifat larutnya
9.    Menjelaskan macam vitamin, sumber, fungsi dan gejala defisiensi
10.                        Menyebutkan fungsi beberapa jenis mineral
11.                        Menyebutkan fungsi air
12.                        Menjelaskan perbedaan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia
13.                        Menjelaskan organ-organ pencernaan pada manusia beserta fungsinya
14.                        Membandingkan pencernaan mekanik dengan pencernaan chenus.
15.                        Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)

C   Materi Pembelajaran
       Sistem Pencernaan Manusia
       Pertemuan 1
a.    Zat Makanan dan Fungsinya
Pertemuan 2
b.    Alat Pencernaan
c.    Gangguan pada Sistem pencernaan

D.     Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
       2.  Metode                                    :  Kerja kelompok, informasi, dan observasi
       3.  Model Pembelajaran                :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi
1)  Apakah semua makanan yang dimakan dibutuhkan oleh tubuh? mengapa?
2)  Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan tubuh? dan apa manfaatnya?

            b.   Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami bahwa gerakan memerlukan energi yang diperoleh dengan proses  pencernaan dan pernafasan

2.     Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
F Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang makanan dan fungsinya melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru

§  Elaborasi
F Peserta didik melakukan observasi dengan bimbingan guru tentang zat-zat makanan yang terkandung dalam beberapa produk makanan
F Peserta didik membuat laporan tertulis tentang eksplorasi yang dilakukan, secara individual maupun kelompok
F Peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh peserta lain
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.     Kegiatan Penutup
§  Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
§  Guru membuat refleksi dari hasil kegiatan dan memberi tugas rumah.


Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi
                 1)  Terdiri dari organ apakah saluran dan kelenjar pencernaan penyusun sistem pencernaan manusia?
                 2)  Apa bedanya pencernaan mekanik dengan pencernaan kimia? dan pada organ apa terjadinya?

            b.  Pengetahuan Prasyarat
                 Siswa telah memahami zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia.

2.   Kegiatan Inti              
§  Eksplorasi
F Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang alat pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan melalui buku paket dan sumber belajar relevan dan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru

§  Elaborasi
F Peserta didik melakukan diskusi dengan bimbingan guru tentang alat pencernaan dan kelainan pada sistem pencernaan
F Peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
F Peserta didik menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok dan ditanggapi oleh peserta lain
F Peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan


3.   Kegiatan Penutup
§  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Guru memberi tugas rumah.

F.     Sumber Pembelajaran
       1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional      
       2.  Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
       3.  Charta dan bahan percobaan.
       4.  LKS
      
G.     Penilaian.          
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
1.   Menjelaskan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya

2.   Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia

3.   Menjelaskan organ-organ pencernaan pada manusia beserta fungsinya

4.   Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi

Tes Tertulis



Tes Tertulis





Tes Tertulis



Tes Tertulis


Uraian



Uraian





Uraian



Uraian

1.    Tuliskan 6  jenis kandungan zat yang terdapat dalam makanan!

2.    Apakah perbedaan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan?



3.    Tuliskanlah 5 organ yang berperan dalam sistem pencernaan!

4.    Jelaskan perbedaan pencernaan mekanik dan kimia adalah ....
6



2





5



4



Kunci Jawaban:
1.   6 jenis kandungan zat dalam makanan: karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air

2.    Perbedaan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan:
Saluran pencernaan merupakan pipa memanjang dari mulut hingga lubang pelepasan. Kelenjar pencernaan merupakan enzim yang menghasilkan getah yang berperan dalam pencernaan secara kimiawi

3.    Organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan: Rongga mulut, Kerengkongan, Lambung, Usus halus, Usus besar

4.     Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia:
Pencernaan mekanis memproses makanan dengan menggunakan organ-organ pencernaan dan berlangsung dirongga mulut dan dilambung. Pencernaan kimiawi memproses makanan dengan menggunakan zat kimia yaitu enzim-enzim atau kelenjar pencernaan dan berlangsung di rongga mulut, lambung dan usus halus.

Nilai =

Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor/Nilai Total
Disiplin
Perhatian
Ketekunan
Tanggung Jawab
Ketelitian
1







2









Nilai:
1.    Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.    Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 3
3.    Cukup disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti            : 2
4.    Kurang disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 1

      KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
5.   Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Penugasan






5.    Buatlah kliping tentang kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan! (Berikan 4 contoh)







                                                                                               
Mengetahui,
Kepala sekolah


Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003

Koto Gadang,           Juli 2016
Guru IPA,


Ekwatno
NIP: 196605231989031004



Tidak ada komentar:

Posting Komentar