RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 06
Jenjang Sekolah : SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / I
Alokasi waktu : 4 X 40’ ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.6.
Mendiskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.
Indikator
1.
Mengidentifikasi fungsi darah beserta
bagian-bagiannya
2.
Mengidentifikasi golongan darah
3.
Mengidentifikasi organ penyusun sistem
peredaran darah pada manusia beserta fungsinya
4.
Menjelaskan jenis sistem peredaran darah
5.
Menjelaskan peredaran limfa
6.
Mendata contoh kelainan dan gangguan
pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari
B.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan fungsi darah
2.
Menjelaskan bagian-bagian darah
3.
Mengidentifikasi golongan darah.
4.
Menjelaskan organ dan jaringan penyusun sistem peredaran
darah manusia
beserta fungsinya.
5.
Menjelaskan macam-macam sistem peredaran darah manusia.
6.
Menjelaskan peredaran limfa
7.
Menyebutkan fungsi limpa
8.
Menyebutkan contoh kelainan
dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan
sehari-hari.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
(Discipline), Rasa hormat dan
perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)
C. Materi Pembelajaran
Sistem
Peredaran Darah pada Manusia
Pertemuan
1
a.
Darah
§
Bagian-bagian Darah
§
Fungsi Darah
§
Golongan Darah
b. Alat
Peredaran Darah
Pertemuan 2
c.
Macam-macam Peredaran Darah
d.
Peredaran Limfa
e. Kelainan
dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
D.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2.
Metode : Kerja kelompok, diskusi, observasi, dan
percobaan
3.
Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung dan kooperatif.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
1) Tersusun dari apakah darah kita?
2) Mengapa darah kita berwarna merah, dapat
membunuh kuman yang masuk ke tubuh dapat mengedarkan O2, CO2
dan zat makanan serta dapat membeku?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami proses pernafasan pada manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang darah, fungsi, bagian-bagian, golongan
dan alat peredaran darah manusia dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber
§ Elaborasi
F Siswa melakukan diskusi tentang darah,
fungsi, bagian-bagian, golongan serta alat peredaran darah manusia
F Melakukan
kegiatan dalam LKS untuk menghitung jumlah denyut nadi.
F Siswa
membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi dan hasil percobaan yang
dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain
§ Konfirmasi
F Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3. Kegiatan Penutup
§
Guru
membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan.
§
Guru
memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Termasuk sistem peredaran darah apakah
sistem peredaran darah manusia?
2) Apa peranan jantung dalam sistem transportasi
manusia ?
b.
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ dan
jaringan penyusun sistem transpor manusia..
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang macam-macam peredaran darah
manusia serta kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang
biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
§ Elaborasi
F Siswa melakukan diskusi kelainan
dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan
sehari-hari
F Siswa
membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi dan hasil percobaan yang
dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain
§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3. Kegiatan Penutup
§ Peserta didik dengan
bimbingan guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
§ Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§ Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
§ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
§
Guru memberi tugas rumah.
F. Sumber
Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs,
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.
Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
3.
Charta dan bahan percobaan.
4. Guru dan Siswa.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
1. Mengidentifikasi
fungsi darah beserta bagian-bagiannya
2. Mengidentifikasi
golongan darah
3. Mengidentifikasi
organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia beserta fungsinya
4. Menjelaskan
jenis sistem peredaran darah
5. Menjelaskan
peredaran limfa
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1. Tuliskanlah
4 fungsi darah!
2. Tuliskanlah
2 bagian darah!
3. Jelaskanlah
4 golongan darah menurut sistem ABO!
4. Tuliskanlah
2 organ penyusun sistem peredaran darah beserta fungsinya!
5. Jelaskanlah
2 macam sistem peredaran darah!
6. Jelaskanlah
tentang peredaran limfa!
|
4
2
8
2
4
2
|
Kunci
Jawaban:
1. 4
fungsi darah:
§ Mengangkut
sari makanan dari usus dan mengedarkannya keseluruh tubuh
§ Menjaga
kestabilan suhu tubuh
§ Membunuh
kuman yang masuk kedalam tubuh
§ Mengangkut
sisa-sisa metabolisme sel untuk dibuang di ginjal
2.
2 bagian darah:
a.
Cairan darah (plasma darah)
b.
Sel-sel darah
3.
4 golongan darah menurut sistem ABO:
a.
Golongan darah A, apabila dalam sel
darah merah terdapat jenis aglutinogen A
b.
Golongan darah B, apabila dalam sel
darah merah terdapat jenis aglutinogen B
c.
Golongan darah AB, apabila dalam sel
darah merah terdapat jenis aglutinogen A dan B sekaligus
d.
Golongan darah O, apabila dalam sel
darah merah tidak terdapat jenis aglutinogen A maupun B
4.
2 organ penyusun sistem peredaran
darah beserta fungsinya:
a.
Jantung, berfungsi untuk memompakan
darah
b.
Pembuluh darah, berfungsi untuk
jalannya darah dari dank e jantung atau dari dank e jaringan
5.
2 macam sistem peredaran darah:
a.
Peredaran darah besar adalah
peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh dan kembali ke jantung
b.
Peredaran darah kecil adalah
peredaran darah dari jantung menuju paru-paru dan kembali ke jantung
6.
Peredaran limfa (getah bening)
merupakan cairan bening yang menyerupai plasma darah berwarna kekuningan,
berfungsi sebagai alat transpor dan pertahanan tubuh. Peredaran limfa disebut
juga peredaran terbuka karena mengalir pada pembuluh yang ujung-ujungnya
bermuara di antara sela-seela jaringan tubuh.
Pembuluh getah bening terdiri
atas: pembuluh getah bening kiri yang
bermuara di pembuluh balik dibawah selangka kiri dan pembuluh getah bening kanan yang bermuara di pembuluh balik dibawah
selangka kanan.
Nilai =
Penilaian
Karakter
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor/Nilai Total
|
||||
Disiplin
|
Perhatian
|
Ketekunan
|
Tanggung Jawab
|
Ketelitian
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai:
1.
Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 4
2.
Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung
jawab/teliti : 3
3.
Cukup
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 2
4.
Kurang
disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 1
KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
6. Mendata
contoh kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui
dalam kehidupan sehari-hari
|
Penugasan
|
|
7. Buatlah daftar nama penyakit yang
berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari! (Berikan 4 contoh)
|
|
Mengetahui,
Kepala sekolah
Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003
|
|
Koto Gadang, Juli 2016
Guru IPA,
Ekwatno
NIP: 196605231989031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar