Minggu, 01 Oktober 2017

RPP No 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 06

Jenjang Sekolah           :  SMPN 2 Koto Besar
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2x Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.6.
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

A.       Indikator
1.    Mengidentifikasi fungsi darah beserta bagian-bagiannya
2.    Mengidentifikasi golongan darah
3.    Mengidentifikasi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia beserta fungsinya
4.    Menjelaskan jenis sistem peredaran darah
5.    Menjelaskan peredaran limfa
6.    Mendata contoh kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari

B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu:
1.    Menjelaskan fungsi darah
2.    Menjelaskan bagian-bagian darah
3.    Mengidentifikasi golongan darah.
4.    Menjelaskan organ dan jaringan penyusun sistem peredaran darah manusia beserta fungsinya.
5.    Menjelaskan macam-macam sistem peredaran darah manusia.
6.    Menjelaskan peredaran limfa
7.    Menyebutkan fungsi limpa
8.    Menyebutkan contoh kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness)

C   Materi Pembelajaran
       Sistem Peredaran Darah pada Manusia
       Pertemuan 1
a.    Darah
§  Bagian-bagian Darah
§  Fungsi Darah
§  Golongan Darah
b.    Alat Peredaran Darah
Pertemuan 2
c.    Macam-macam Peredaran Darah
d.    Peredaran Limfa
e.    Kelainan dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
     
D.     Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
       2.  Metode                                    :  Kerja kelompok, diskusi, observasi, dan percobaan
       3.  Model Pembelajaran                :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.   Motivasi
                  1)  Tersusun dari apakah darah kita?
                  2)  Mengapa darah kita berwarna merah, dapat membunuh kuman yang masuk ke tubuh dapat mengedarkan O2, CO2 dan zat makanan serta dapat membeku?
b.   Pengetahuan Prasyarat
                 Siswa telah memahami proses pernafasan pada manusia.

2.   Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang darah, fungsi, bagian-bagian, golongan dan alat peredaran darah manusia dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber

§ Elaborasi
F Siswa melakukan diskusi tentang darah, fungsi, bagian-bagian, golongan serta alat peredaran  darah manusia
F Melakukan kegiatan dalam LKS untuk menghitung jumlah denyut nadi.
F Siswa membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi dan hasil percobaan yang dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain

§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.   Kegiatan Penutup
§  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
§  Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                 1)  Termasuk sistem peredaran darah apakah sistem peredaran darah manusia?
                 2)   Apa peranan jantung dalam sistem transportasi manusia ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ dan jaringan penyusun sistem transpor manusia..

       2.   Kegiatan Inti  
§  Eksplorasi
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang macam-macam peredaran darah manusia serta kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber

§ Elaborasi
F Siswa melakukan diskusi kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya
F Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kegiatan diskusi dan hasil percobaan yang dilakukan dalam kelompoknya dan dan ditanggapi oleh kelompok lain

§ Konfirmasi
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui  berbagai sumber
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3.  Kegiatan Penutup
§  Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
§  Guru memberi tugas rumah.

F.      Sumber Pembelajaran
       1.  Buku IPA Terpadu BSE untuk Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional     
       2.  Buku IPA Terpadu untuk Kelas VIII SMP/MTs, Bumi Aksara
       3.  Charta dan bahan percobaan.
       4.  Guru dan Siswa.

G.     Penilaian.          
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
1.     Mengidentifikasi fungsi darah beserta bagian-bagiannya

2.     Mengidentifikasi golongan darah

3.     Mengidentifikasi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia beserta fungsinya

4.     Menjelaskan jenis sistem peredaran darah


5.     Menjelaskan peredaran limfa
Tes Tertulis


Tes Tertulis

Tes Tertulis




Tes Tertulis



Tes tertulis

Uraian



Uraian


Uraian





Uraian




Uraian


1.       Tuliskanlah 4 fungsi darah!

2.       Tuliskanlah 2 bagian darah!

3.       Jelaskanlah 4 golongan darah menurut sistem ABO!

4.       Tuliskanlah 2 organ penyusun sistem peredaran darah beserta fungsinya!



5.      Jelaskanlah 2 macam sistem peredaran darah!


6.      Jelaskanlah tentang peredaran limfa!
4

2

8


2





4



2

Kunci Jawaban:
1.    4 fungsi darah:
§  Mengangkut sari makanan dari usus dan mengedarkannya keseluruh tubuh
§  Menjaga kestabilan suhu tubuh
§  Membunuh kuman yang masuk kedalam tubuh
§  Mengangkut sisa-sisa metabolisme sel untuk dibuang di ginjal

2.    2 bagian darah:
a.    Cairan darah (plasma darah)
b.    Sel-sel darah

3.    4 golongan darah menurut sistem ABO:
a.    Golongan darah A, apabila dalam sel darah merah terdapat jenis aglutinogen A
b.    Golongan darah B, apabila dalam sel darah merah terdapat jenis aglutinogen B
c.    Golongan darah AB, apabila dalam sel darah merah terdapat jenis aglutinogen A dan B sekaligus
d.    Golongan darah O, apabila dalam sel darah merah tidak terdapat jenis aglutinogen A maupun B

4.    2 organ penyusun sistem peredaran darah beserta fungsinya:
a.    Jantung, berfungsi untuk memompakan darah
b.    Pembuluh darah, berfungsi untuk jalannya darah dari dank e jantung atau dari dank e jaringan

5.    2 macam sistem peredaran darah:
a.    Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh dan kembali ke jantung
b.    Peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung menuju paru-paru dan kembali ke jantung

6.    Peredaran limfa (getah bening) merupakan cairan bening yang menyerupai plasma darah berwarna kekuningan, berfungsi sebagai alat transpor dan pertahanan tubuh. Peredaran limfa disebut juga peredaran terbuka karena mengalir pada pembuluh yang ujung-ujungnya bermuara di antara sela-seela jaringan tubuh.
Pembuluh getah bening terdiri atas: pembuluh getah bening kiri yang bermuara di pembuluh balik dibawah selangka kiri dan pembuluh getah bening kanan yang bermuara di pembuluh balik dibawah selangka kanan.


Nilai =

Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor/Nilai Total
Disiplin
Perhatian
Ketekunan
Tanggung Jawab
Ketelitian
1







2








Nilai:
1.    Sangat disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti : 4
2.    Disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 3
3.    Cukup disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti            : 2
4.    Kurang disiplin/perhatian/tekun/bertanggung jawab/teliti           : 1

KMTT:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
6.     Mendata contoh kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari
Penugasan





7.     Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari! (Berikan 4 contoh)







                                   
                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala sekolah


Drs. Aen Nasri
NIP: 196406012000121003

Koto Gadang,           Juli 2016
Guru IPA,


Ekwatno
NIP: 196605231989031004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar